Gurihnya Jadi Partner Transportasi Online

Posted: April 13, 2016 in bank, bisnis, modal, Uncategorized
Tag:

uberAkhir-akhir ini bisnis transportasi sedikit mengalami gonjang-ganjing. Kali ini bukan karena kenaikan bahan bakar minyak, tetapi karena hadirnya layanan transportasi online. Para pengendara taxi bahkan melakukan demo besar-besaran dan menuntut agar perusahaan seperti Uber dan Grab harus ditutup dan dilarang beroperasi di negeri ini.

Terlepas dari kontroversi legal atau tidak legalnya perusahaan-perusahaan aplikasi tersebut, saya mencoba mencari tahu mengapa banyak orang mau terjun menjadi partner Uber dan Grabcar. Riset sederhana dan kecil-kecilan ini saya lakukan dengan mewawancarai beberapa partner Uber yang menjadi pengendara sekaligus pemilik kendaraan.

Dari data yang saya peroleh, dikala sepi order para driver memperoleh pendapatan sebesar 500 ribu rupiah saban harinya. Rata-rata mobil menghabiskan bahan bakar minyak sebesar 150.000 per hari. Maka secara kasar kita bisa menghitung berapa pendapatan rata-rata yang mampu mereka peroleh dalam satu bulan.

Mari kita hitung :

Hari kerja : 25 hari

Pendapatan : 500.000 x 25 hari = 12,5 juta

Biaya bahan bakar : 150.000 x 25 hari = 3,75 juta

Perawatan mobil : 500.000 = 500 ribu

Tabungan perpanjangan STNK : = 200 ribu

Laba usaha : 12,5 juta – 4,45 juta = 7,8 juta

Dengan mobil yang dimiliki dan dikendarai sendiri, seorang driver bisa membawa pulang rata-rata 7 juta rupiah setiap bulannya. Tetapi pendapatan ini akan lebih sedikit bila partner masih harus membayar cicilan mobil bila kendaraan itu diperoleh dari hasil meminjam di sebuah lembaga keuangan.

Nah, dengan penghasilan sebesar itu, apakah menjadi partner transportasi online adalah sebuah bisnis yang menggiurkan? Jawabannya terserah Anda.

Salam sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s