Dari Sahabat Keturunan Cina, Aku belajar!

Posted: September 8, 2011 in bank, bisnis, customer relationship, motivasi

Seorang teman bertanya kepada saya,”Darimana kamu belajar bisnis?”. Pertanyaan itu saya jawab dengan tegas,”Saya belajar banyak dari banyak orang, termasuk diantaranya sahabat-sahabat saya yang keturunan cina”.Ya, saya berhutang banyak dengan mereka, sahabat-sahabat saya yang kebetulan keturunan cina.

Di tahun 1993 hingga 1996, saya “nyantrik” disebuah sekolah di Kota Jogjakarta. Sekolah itu bernama Kolese John De Britto. Selama 3 tahun saya memahami benar bahwa perbedaan ras atau suku bukanlah sesuatu yang harus terus menerus dipersoalkan. Saya, yang kebetulan orang jawa, bisa bergaul akrab dengan teman-teman yang kebetulan keturunan cina. Segala suka dan duka kami jalani bersama, tanpa tentu saja mengabaikan perbedaan yang kami miliki secara pribadi.

Adalah teman-teman saya yang keturunan cina itu yang mengajari saya berbisnis kala di De britto. Mereka memberitahu bagaimana berbisnis sticker, atau menjual kaos dan jaket yang bisa dijual kepada teman-teman sekolah. Mereka, memberikan contoh bagaimana memulai sebuah bisnis. Inilah, kelebihan yang mereka miliki, yang dapat saya ambil sebagai sebuah skill yang sangat berguna bagi saya dikelak kemudian hari.

Pengalaman semasa di De Britto terus berlanjut. Ketika saya bekerja sebagai seorang banker, saya bertemu dan berkenalan dengan banyak pengusaha keturunan cina. Mereka, tak segan memberikan berbagai trik dan tips bisnis yang mereka miliki. Bahkan, beberapa kenalan memberikan motivasi luar biasa supaya saya berani mengambil keputusan menjadi seorang pengusaha.

Apa yang saya alami adalah sebuah titik kecil dari perpotongan garis perbedaan yang kita miliki, khususnya mengenai perbedaan suku, ras ataupun agama. Seandainya saja, setiap orang di bangsa ini bisa bekerja sama dengan erat, mengukir dibenaknya bahwa perbedaan itu merupakan sebuah anugerah untuk menggapai sebuah kesuksesan, maka kemandirian ekonomi yang dicita-citakan para founding fathers bangsa ini dapat segera terwujud.

Semoga!

Mau tau ebook-ebook saya? klik link bawah ini

Berani Utang Untuk Investasi Pasti Untung!

Sukses Ubah Kartu Kredit Jadi Modal usaha!

Komentar
  1. Tamzil Maksum S mengatakan:

    andaikan pemerintah Indonesia mendirikan sekolah bisnis untuk rakyatnya,,,
    pasti tidak ada lagi warga yang berada dibawah garis kemiskinan.
    andai saja tiap -tiap sekolah menjalankan program
    ……….. “WAJIB BELAJAR (BISNIS) 9 TAHUN” ………

Tinggalkan Balasan

