Ngga bisa Nabung? Alihkan Perhatian!!

Posted: September 4, 2011 in Uncategorized
Tag:

konsumtifDalam sebuah workshop mengenai pengelolaan keuangan keluarga beberapa waktu lalu, seorang ibu bertanya kepada saya,” Pak, saya ini sudah berusaha keras untuk bisa mengirit uang sebaik-baiknya. Tetapi, saya selalu gagal. Ada apa dengan diri saya? Apakah ini sebuah kelainan?”

Masalah yang dihadapi ibu tadi dialami oleh banyak orang. Berusaha semaksimal mungkin untuk menyisihkan uang tetapi tidak berhasil. Lebih miris lagi, kekurangan uang kerap keli terjadi.

Biasanya, uang yang mengalir deras dari kantung kita digunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Anehnya lagi, tindakan itu dilakukan tanpa sadar dan berulang-ulang.

Nah, untuk mengatasi hal itu ada sebuah tips yang mungkin berguna untuk Anda. Tips itu saya sebut “Pengalih Perhatian”. Bagaimana caranya?

Gunakan uang Anda membeli barang yang ber-“nilai”. Anda tetap menyalurkan hasrat Anda untuk belanja, tetapi kepada sesuatu yang memiliki “nilai”.

Misalnya begini, seorang teman mengeluh uangnya selalu habis untuk biaya makan diluar rumah. Setiap bulan tidak kurang dari 2 juta uang yang dihabiskan untuk makan di restoran. Padahal, ia juga memasak makanan setiap hari. Ia mulai gelisah dengan pengeluaran yang besar hanya untuk urusan perut ini.

Ia mengkuti saran saya untuk meng-kredit mobil. Dengan cicilan sebesar 2 juta setiap bulannya, Ia “dipaksa” untuk mengalihkan perhatian dari urusan perut kepada urusan bayar tagihan cicilan mobil yang ia miliki. Keterpaksaan ini membuat ia mampu menyisihkan 2 juta sebulan untuk memperoleh sesuatu yang ber”nilai” dibandingkan habis digunakan untuk pergi ke restoran.

So, kalo Anda tidak mampu mengatasi sikap boros pada hal-hal konsumtif, alihkan perhatian dengan cara membeli sesuatu yang ber-“nilai”.

Semoga bermanfaat, selamat idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin!

Salam sempurna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s