Kita tahu bahwa memperoleh modal usaha sangat sulit di masa-masa krisis likuiditas saat ini. Para pengelola lembaga keuangan memperketat aturan memperoleh pinjaman bagi calon nasabah. Selain karena kehati-hatian , itu juga dilakukan karena uang yang ngendon di bank harus dijaga. Tidak bisa digelontorkan begitu saja kepada nasabah dalam bentuk pinjaman.

Ada baiknya kita mencari modal diluar lembaga keuangan. Sejatinya modal ini bertebaran bila kita cerdas untuk mencarinya.

Salah satu sumber modal usaha yang bisa kita peroleh berasal dari supplier. Mereka adalah pihak yang menjual atau menitip produk mereka kepada anda , untuk dijual kembali kepada pelanggan atau user. Tentu saja, produk yang mereka jual atau titipkan pada anda adalah modal yang mereka percayakan kepada anda. Apalagi bila mereka menjual dengan menggunakan tempo pembayaran. Wuihh, itu modal tanpa bunga bung !

Saya ingin berbagi sedikit tips agar anda bisa menarik para supplier sebagai pemodal :

1. Bangun Kredibilitas

Memang kredibilitas tidak bisa dibangun dalam semalam. Namun semakin cepat anda membangun kredibilitas anda , maka semakin baik posisi anda dimata supplier. So bangun kredibilitas dengan :

a. Membayar utang tepat waktu

b.Jangan mencoba untuk membajak atau membuat produk palsu.

c.Berikan informasi tentang pasar produk mereka.

d.Bangun komunikasi yang baik dengan para salesman atau salesgirl mereka. Bila perlu anda membangun hubungan yang baik dengan pemimpin yang bisa mengambil keputusan. Misalnya,  manajer produk atau manajer area.

2. Negosiasikan Jangka waktu dan harga

Bila kredibilitas anda dimata supplier baik, maka posisi negosiasi anda semakin tinggi. Anda memiliki daya tawar yang kuat untuk bernegosiasi mengenai harga dan waktu pembayaran utang. Semakin lama tempo pembayaran semakin baik untuk cashflow anda. Jika toko atau outlet anda memiliki performance yang cukup baik dalam penjualan, masalah harga bisa dirembug.

3. Ajak mereka untuk bekerja sama

Yup, ajaklah supplier anda untuk bekerja sama. Anda bisa meminta mereka untuk membuat banner misalnya, atau melakukan promosi bersama. Kegiatan-kegiatan pemasaran bisa anda buatkan proposal dan sampaikan kepada mereka.

Misalnya, anda membuka usaha salon di rumah. Maka ajak saja supplier produk rambut untuk melakukan demo bersama. Hal ini terbukti paling efektif dan efisien untuk memperkenalkan brand masing-masing kepada calon pelanggan anda.

Bila kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara kontinyu maka ini yang diharapkan :

4. Menggenjot penjualan anda.

Bagi pegusaha , penjualan adalah sumber pendapatan. Secara tidak langsung penjualan anda itu juga sumber pendapatan bagi supplier. Jadi mereka sangat berkepentingan terhadap penjualan anda. Gunakan taktik dan strategi yang tepat untuk menggenjot penjualan kita. Masalah ini kita bahas lain kali ya🙂

Salah satu toko bangunan yang kami yang berada di Tulungagung, TB.Manunggal Jaya, saat ini dipercaya oleh banyak sahabat-sahabat supplier. Di dalam toko sudah tidak ada lagi barang yang saya beli dengan menggunakan modal saya pribadi.  Semua barang dibeli dengan tempo pinjaman rata-rata 2-3 bulan dengan harga yang kompetitif. Dengan begitu, konsep bisnis saya adalah mengelola modal milik supplier ! Saya hanya menyediakan tempat saja. Semoga bermanfaat!

Komentar
  1. genmuda mengatakan:

    silaturahmi pak.

  2. BERI SUSILO mengatakan:

    Saya punya tempat atau toko didaerah pekanbaru tempat strategis, saya berniat untuk menjual bahan bangunan, Bapak bisa bantu saya untuk mendapatkan Supplier buat saya? Terimakasih atas bantunya.

  3. KTA DBS mengatakan:

    blogwalking cari cara dapetin hutang buat modal usaha, mampir disini. dapet ide dan tehiknya dari sini..suwun gan infone. sukses sll

  4. doni mengatakan:

    kenaapa sampai detik ini belum ada seseorang yg minat invest dana ke saya, padahal saya sudah 6 tahun menjalankan usaha dagang ayam potong. sekarang saya dapat pesanan 3ton perhari. yg jadi masalah modal keseluruhan modal tetap dan variabel mencapai 390 juta. saya perlu dana minimal 500 juta, saya baru sanggup ngasih profit 0,5/bulan =15% selama 30 bulan=575 juta ! peminat silahkan hubungi saya di 0823 8884 1001

  5. Pardi musyanto mengatakan:

    Pak saya butuh uang buat byar sekolah anak saya tp saya gk punya jaminan dan kartu kredit saya kerja buruh harian lepas kira2 bisa gk pak pinjem 10jt trimakasih pak

  6. jerfi mengatakan:

    smuax sma sulitx,g ad yg mudah..sya udh cb brbagai cra,pke jminan lg tp smuax gagal total. brbagai situs dh sya krimi sms lwt nope yg trtra.smuax g ad yg bsa ksih solusi. smuax bhong belaka. ap ini yg dbilang mdah,cpat,tnpa jaminan. ini knyataan

  7. Aria agusiana mengatakan:

    Saya mau pinjam uang untuk modal buka usaha jual beli burung serta mau merenovasi ruma mohon bantuannya untuk para agan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s