EMPAT JENIS PEMBELI

Posted: April 20, 2009 in bisnis, Uncategorized
Tag:

shopingAnda mungkin sudah pernah mendengar, “Kenalilah pelanggan anda!”. Kata-kata itu bahkan menjadi mantra bagi setiap pebisnis untuk menjalankan roda usahanya.

Betul sekali, mengenal pelanggan atau calon pelanggan merupakan salah satu cara untuk mengatasi persaingan. Dunia bisnis makin kompleks dan rumit. Persaingan sudah menjadi makanan sehari-hari. Isi kepala pelanggan sudah penuh dibombardir berbagai informasi produk.

Tapi, baiklah berusaha kembali mengidentifikasi siapa pelanggan atau calon pelanggan kita.

Ada empat jenis pelanggan yang dapat kita temui. Baik ketika berada di toko, website atau katalog sekalipun :

1. Tidak sengaja

Calon pelanggan jenis ini bagi kita seperti menemukan emas yang tercecer. Kejadiannya “kagak sengaja” kata orang Jakarta.

Mereka melakukan transaksi bisnis dengan anda karena ketidak sengajaan. Bukan karena mereka tahu atau kenal dengan bisnis anda, tapi benar-benar tanpa kesenagajaan mampir di toko anda, website anda, membaca brosur atau katalog yang anda berikan.

Jika kita meenjumpai pelanggan seperti ini, kita harus beraksi. Tidak bisa diam saja. Sapa mereka, rekam informasi mengenai mereka dan berikan informasi mengenai bisnis anda. Buat mereka lebih mengenal anda dan anda diminta untuk lebih mengenal mereka.

Banyaknya konsumen yang datang kepada anda secara tak sengaja juga dapat menjadi alat evaluasi. Bila yang datang karena tak sengaja lebih sering, anda harus melihat lagi banyak hal. Mungkin saja anda berada dipasar yang padat orang, namun orang-orang yang berkeliaran tersebut bukan kualifikasi pelanggan anda. Bisa jugakarena  informasi yang anda berikan tidak efektif.

2. Tahu Pasti

Pelanggan model begini, sudah tahu apa yang mereka inginkan. Kalaupun belum tahu mereknya, tapi jika diminta untuk menjabarkan apa yang mereka cari dan butuhkan , mereka mampu.

Pelanggan yang sudah tahu apa yang mereka beli, biasanya akan loyal bila mereka puas berbisnis dengan anda. Buat mereka puas dengan 3 pilar bisnis yang bisa anda buat : harga yang kompetitif, operasional yang tak bertele-tele dan pelayanan yang sempurna !

3.Tidak terlalu tahu

Pelanggan yang tidak terlalu tahu memiliki kebutuhan. Namun mereka belum bisa memutuskan model atau merek apa yang ingin mereka beli. Mereka sedang mencari informasi.

Berikan informasi kepada pelanggan model begini. Cara-cara konsultatif adalah salah satu cara yang paling mungkin anda berikan. Mereka memiliki kebutuhan namun sedang kebingungan. Tugas kita : beritahu jalannya atau caranya !

4. Hanya Melihat-lihat

Calon pelanggan yang hanya melihat-lihat bisa menjadi pelanggan anda. Orang-orang dengan tipe pembeli impulsif bisa dimasukkan dalam kategori ini. Tidak ada rencana membeli, namun masuk ke sebuah toko. Melihat-lihat tas misalnya, tertarik lalu beli. Meskipun tidak membutuhkan tas , mereka merasa harus membeli. Tipe pelanggan seperti ini bermain di sektor keinginan bukan kebutuhan.

Tidak 100% pelanggan atau calon pelanggan kita akan bersikap sama seperti dijabarkan di atas. Namun paling tidak, sebagai pebisnis kita harus tahu posisi pikiran pelanggan kita. Tentu saja harus banyak berlatih untuk mengembangkan kemampuan membaca posisi pelanggan kita.

Komentar
  1. aakuntoa mengatakan:

    satu lg pak… pembeli yg ikut2an… yg belanja gara2 suami, temen kantor, or orang lain cerita…

  2. tipsbisnisuang mengatakan:

    itu mangsa paling empuk bagi pebisnis.Semakin banyak orang seperti itu semakin besar kesempatan bisnis kita booommmm ! Tapi konsumen sudah kritis kok pak, kita tidak bisa trus berharap pada calon2 pelanggan seperti ini. Jadi tetep aja strategi kudu kita pake.Thanks mas kunto!

  3. leo mengatakan:

    denagan kata lain mereka mencoba.,.tp kita yang mesti bisa mengarahkan dengan strategi dan situasi yang ada.,.,.,.bisnis ataupun usaha itu adalah masalah{menjadi lebih baik ataupun sebaliknya tp masalah itu adalah kesempatan untuk melangkah lebih baik.he.he.he

  4. frida mengatakan:

    Gmn saya juga mau bergabung untuk pinjam dana buat usaha bisa ga , sy butuh 100jt dan pembyaran nya dicicil , saya pendesak buat usaha , dari frida , tolong bantu saya pak untuk pinjaman uang apa aja syarat saya akan ajukan yg penting sy dapet modal trimakasih atas bantuan frida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s