susanSusan Boyle bukan siapa-siapa sebelum akhirnya tampil di acara British Idol. Ketika tampil di atas panggung banyak orang meremehkannya. Maklum saja, tampilannya ndeso banget. Usianya yang 47 tahun,  tubuhnya yang tambun plus tingkahnya yang lucu , membuat banyak orang sangat sangsi ia bisa mewakili inggris di acara idol-idol-an ini.

Tapi the show must go on. Rasa percaya diri Susan patut diacungi jempol. Suaranya dahsyat….semua terpana ketika ia membawakan sebuah lagu malam itu. Semua penonton berdiri memberikan aplaus. Bahkan sang Simon, si tukang kritik, tak mampu berkata-kata. Susan Boyle, perempuan dari desa, is the next rising star.

Semangat Susan patut ditiru oleh para pebisnis pemula. Percaya diri dan tak gentar akan persaingan.

Apa yang bisa kita ambil dari Susan ?

1. Susan punya suara yang khas. Jadi, jika kita punya bisnis yang khas, lahir dari ide kita sendiri, satu langkah menuju sukses. Kalo ngga punya ide sendiri ? yah, niru aja, tapi berikan sesuatu yang berbeda.

2.Gaung Susan dibantu oleh Media. Nah,ini dia caranya. Cerdas dalam berpromosi. Rekaman penampilan Susan terbantu oleh Youtube. 1,5 juta orang melihat penampilannya di Youtube.

Gunakan media sosial yang saat ini sedang hot-hot nya. Ada blog, facebook, tagged dll. Saya menggunakannya untuk memasarkan buku saya. Hasilnya ? Buku berjudul : BERANI UTANG PASTI UNTUNG best Seller !

3. Berikan informasi kepada pelanggan anda dengan jujur. Yup, cari orang jujur susah kan akhir-akhir ini. Banyak nge-gombal, kagak ada buktinya. So, jujur itu dicari orang. Jelaskan bisnis anda kepada orang lain atau calon pelanggan anda. Apalagi sekarang informasi sudah ada di tangan pelanggan. Bukan lagi ditangan konsumen. Jadi kalo mau nipu, bisnis anda tidak akan bertahan lama.

4. Sabar…

Membangun bisnis harus sabar. Tersenyum saja bila gagal. (Dalam klipnya di Youtube, Susan selalu tersenyum..) Kemudian coba lagi. Banyak belajar dari kesalahan orang lain merupakan sesuatu yang bijak. Ada pepatah : orang pintar belajar dari kesalahannya sendiri, orang bijak belajar dari kesalahan orang lain. Anda mau yang mana ? Terserah saja.

Baiklah…Susan Boyle pantas untuk ditiru !

Komentar
  1. jc ww mengatakan:

    1Sa 16:7 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

  2. aakuntoa mengatakan:

    Kekuatan media begitu besar. Selalu ada satu “news value” yg dikulik media dalam suatu fenomena. Tidak biasa, aneh, terkucilkan, diremehkan, adalah beberapa news value yg dahsyat untuk di-push media. Supaya apa? Supaya orang menoleh, menyadari kekeliruannya, dan balik mendukung.

  3. tipsbisnisuang mengatakan:

    Bagi pebisnis tantangan supaya dilirik media adalah :
    1. mejawab kebutuhan dan keinginan pasar yang unik dengan produk yang unik.
    2. cara memasarkan yang unik.
    it’s mean….unik.unik dan unik

  4. heri mengatakan:

    British Idol? yg betul Britain’s Got Talent🙂

    Talent = bakat, jadi ga cuma ga yg bisa nyanyi aja, yg punya bakat2 laen pun boleh ikutan, itu bedanya dgn acara2 Idol, tp banyakan emang nyanyi2 sih

    yep, Susan emang jadi fenomenal karena tipikal from zero to hero

  5. tipsbisnisuang mengatakan:

    thank mas heri..acaranya emang got2an bkn idol..tp ujung2nya cari idol juga kan..

  6. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    wah.. inspiratif banget nih.. manstab..mantsab..

    cara2nya perlu saya tulis nih..😀

  7. identity guard trial mengatakan:

    I read this article fully concerning the difference of newest
    and previous technologies, it’s remarkable article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s