masivBand D’masiv dituduh plagiat. Berita ini santer hari-hari belakangan ini. Bahkan sebuah saluran televisi nasional pun telah mengangkatnya dalam sebuah acara gosip. Duh, padahal band yang terkenal masih kemarin sore ini, sempat merebut hati saya : )

Plagiat alias meniru, dalam dunia bisnis nampaknya itu hal yang biasa. Makanya tak jarang sebuah perusahaan akan menutup akses informasinya bila berkenaan dengan kegiatan-kegiatan tertentu. Misalnya saja peluncuran produk baru, atau strategi-strategi bisnis baru yang akan dilakukan. Maklum saja , itu semua dilakukan karena enggan untuk ditiru.

Tapi kini semua sudah tak bisa lagi. Berkembangnya teknologi informasi, membuat media-media informasi sangat gampang untuk diakses. Kini memperoleh informasi bahwa film A layak ditonton atau tidak itu sangat mudah. Informasi ditangan kita. Kita ? Ya , anda dan saya..Sang Konsumen ! Bayangkan, konsumen aja bisa pegang informasi, apalagi pesaing. Tul gak ?

Kalau begitu, apakah  plagiat bisa dianggap hal yang wajar dalam bisnis ? Saya termasuk orang yang menentang plagiat, bila hal itu berarti :  melakukan pembajakan dan meniru habis bisnis yang dilakukan oleh orang lain.

Namun kegiatan meniru suatu usaha yang diikuti oleh pemberian nilai tambah alias added value hingga berbeda dengan yang sudah ada, itu baru jempol. Misalnya, Jika anda ingin membuka sebuah rumah makan padang. Apa nilai tambah yang ingin anda berikan kepada pelanggan anda sehingga mereka selalu makan ditempat anda. Bukan di rumah makan padang sebelah. Membuka rumah makan padang bisa dikatakan plagiat kan. Namun tidak menjadi plagiat bila anda memberikannya nilai tambah.

Jadi saran saya, kalo mau buka usaha. Buka usaha saja. Jangan takut disebut plagiat. Namun harap anda catat : berikan NILAI TAMBAH pada bisnis atau usaha yang anda jalankan !

Komentar
  1. aakuntoa mengatakan:

    terusin tulisannya bung: contoh2 ngasih nilai tambah seperti apa? trus, dari sisi finansial, apa sih keuntungannya bila kita niru bisnis orang lain? apa lebih hemat dan hasilnya optimal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s