Berkolaborasi Bersama Perubahan

Posted: Februari 27, 2009 in bisnis, cashflow, modal, motivasi, Uncategorized
Tag:

bayi-turuHidup dan kehidupan selalu berubah. Begitu kata seorang guru kepada saya. Kehidupan, lanjutnya lagi ,selalu berhadapan muka dengan perubahan. Layaknya jiwa yang selalu mengikuti raga. Bila jiwa melayang, habislah sudah sang raga.

Sekarang semua sudah berubah. Apalagi di era wave saat ini, dimana perubahan terus terjadi secara masive. Apa yang kita pikirkan hari ini, bisa terjadi tak lama lagi. Kita selalu dibuat terperangah oleh “keajaiban” itu.

Kata orang bijak, bangsa yang besar adalah bangsa yang sadar akan perubahan. Terlambat mengantisipasi perubahan akan mengakibatkan stagnasi. Stagnasi yang terus menerus terjadi akan mengeluarkan energi merusak yang luar biasa.

Sanggupkah kita menghadapi perubahan ini ?

Bisnis pun berubah. ia tunduk pada hukum alam : selalu berganti musim. Pergantian musim menandai perubahan.

Perubahan terkadang menjadi begitu menakutkan bagi kita. Ia begitu saja menghenyakkan kita dari mimpi yang meninabobokkan. Daya beli yang tinggi, pangsa pasar yang besar, biaya yang murah adalah contoh-contoh kenyaman yang selalu kita inginkan. Mereka mampu meninabobokkan kita.

Tapi apa yang terjadi ketika semua itu berbalik ? Ketika kenyaman itu tercerabut dari genggaman kita ? lagi-lagi keadaan menyerahkan pilihannya pada kita. Menyerah kalah pada perubahan atau berkolaborasi dengan perubahan.

Yang saya percayai bisnis selalu mencari titik keseimbangan. Dalam mencari titik keseimbangan tersebut ia selalu bergerak. Dan gerakannya ini yang selalu kita hadapi. Toh ketika mencapai titik keseimbangan, ia tidak akan diam. Ia akan segera mencari keseimbangan yang baru. Pengusaha hebat adalah orang yang mampu melihat kemana arah keseimbangan yang baru, dan mencari cara supaya bersama-sama dengan perubahan dapat mencapai titik itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s