PEMASARAN WORD OF MOUTH

Posted: Februari 20, 2009 in bisnis, customer relationship, modal, motivasi, Uncategorized
Tag:

bibir1Istilah kerennya word of mouth, bahasa jawanya “gethok tular”. Dari jaman dulu hingga jaman era wave ini, kekuatan pemasaran dengan media gethok tular itu luar biasa. Menurut begawan marketing Indonesia, Hermawan Kertajaya, cara ini bisa menghasilkan  High result low budget.

Yup, kalo urusannya sudah low budget dan high result, siapa yang tidak tertarik. Ditengah krisis begini, dimana sebagian besar perusahaan melakukan efisiensi besar-besaran, kekuatan mulut bisa kita andalkan. Tapi bagaimana caranya ?

Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa anda jadikan inspirasi.

1. Buatlah buzz , sesuatu yang menjadi pembicaraan orang. Perhatikan bisnis anda, apa kekuatannya ? Harga > pelayanan ? atau apa?  Jadikan itu sebagai bahan pembicaraan orang. Sebuah usaha bakso di wilayah Kediri menggunakan batok kelapa sebagai mangkuk baksonya. Kemudian terkenal sebagai bakso batok. Cari sesuatu yang unik dalam bisnis anda dan jadikan buzz.

2. Perhatikan pelayanan..ia harus menjadi sebuah senjata utama anda. Berikan pelayanan di atas ekspektasi atau harapan pelanggan.Istilahnya memberikan nilai lebih pada pelanggan anda miliki(overvalue). Apa untungnya ? jika pelanggan anda punya jaringan yang banyak (teman, saudara , tetangga dll ) dan ia sangat senang dengan pelayanan anda. Percayalah, berita yang baik akan meluncur dari mulutnya kepada orang2 didalam jaringannya.

3. Jadikan tempat usaha anda sebagai salah satu tempat yang asik untuk memperoleh informasi, berbagi informasi bahkan melakukan sebuah kegiatan komunitas ( community activities). Kalo anda punya salon, ngga ada salahnya khan meminta pelanggan anda memindahkan kegiatan arisannya di salon anda. Atau anda buat acara  ngobrol mengenai mobil di bengkel mobil milik anda. Ada banyak cara yang bisa anda gunakan.

4. Pelihara terus hubungan yang baik dengan para pelanggan yang menjadi “ketua komunitas”. Merekalah sesungguhnya yang menjadi free marketing agent anda. Beri mereka kejutan atau rewards yang tak terduga. Mintalah saran mereka mengenai bisnis anda. Biasanya mereka akan berbicara apa adanya , bila hubungan anda sudah begitu baik.

5. Cari terus komunitas yang menjadi target pelanggan anda. Bila anda mampu, anda bisa membangun komunitas. Yang paling mudah tentu saja, “mendompleng” komunitas yang sudah dibuat orang lain. Jalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki komunitas. Berikan nilai pada komunitas itu yang tidak bisa diperoleh dari perusahaan yang menjadi partner anda.

nah, selamat mencoba. Ada saran lain mungkin ?

Komentar
  1. Bligus Ardhi mengatakan:

    Topik yang bagus Mas Budi,

    Memang MLM (Marketing Lewat Mulut) adalah marketing murah hasil wah..

    TErutama lewat orang2 yang cerewet dan suka gosip.
    Salah satu teknik marketing yang saya sukai.

    Motivasi BligusBLOG MOTIVASI DAN BISNIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s