PASAR BISA DICIPTAKAN

Posted: Januari 21, 2009 in bisnis, customer relationship, modal, motivasi

pasar_apung011Kata-kata negatif yang hampir selalu kita dengar bila hendak membuka sebuah usaha biasanya begini :

  • bisnis itu sudah banyak pemainnya.
  • Jangan cebur ke bisnis begituan , prospek lagi buruk.
  • wah, pasar sedang tidak bagus.ntar rugi…
  • dan masih banyak lagi tentunya

Jika kita makan mentah-mentah semua kata negatif itu, kita ngga akan pernah melangkah membangun sebuah bisnis. Ada baiknya kata-kata itu kita buat sebagai tantangan yang harus kita cari jawabannya. Mengapa orang begitu getol mengumbar kata-kata negatif tersebut.

Kita tau, bisnis memang membutuhkan pasar. Kumpulan orang dengan interest tertentu menginginkan dan mengkonsumsi barang-barang tertentu. Teorinya, bila pasarnya besar, kesempatan kita untuk masuk dalam bisnis tersebut terbuka lebar. Sebaliknya, bila pasar kecil maka peluang kita semakin sulit.

Tapi, tunggu sebentar. Ada hukum yang tidak boleh kita lupa. Pasar pasti berubah. Karena apa ? Karena pelakunya adalah manusia, yang kebutuhan, keinginan dan hasratnya turut berubah. Jadi tidak ada namanya pasar sudah jenuh. Non sense ! Yang ada pasar sedang mencari sesuatu yang baru.

Nah , ini peluang ! Bila pasar sedang mencari sesuatu yang baru, kita dituntut oleh keadaan untuk lebih kreatif dan inovatif. Industri telepon selular adalah contoh bagus untuk inovasi dan kreativitas. Mereka mampu membuat produk yang menjawab kebutuhan , keinginan dan hasrat orang yang terus berubah. Industri musik di tanah air juga bisa jadi contoh. Coba liat, aneka rasa group Band muncul di sini. Mereka menawarkan bermacam-macam “warna”.

So, pasar bisa diciptakan. Kalo anda punya usaha di bidang apapun. Cari cara agar produk anda bisa melayani orang yang mempunyai keinginan baru. Dari situ ciptakan produk baru yang mampu menjawab kebutuhan dan keinginan tersebut. Anda sudah bisa menciptakan pasar.

Apa untungnya dengan menciptakan pasar baru ? Pesaing butuh waktu menyusul anda. Ketika mereka menyusul, anda telah terbang ke angkasa. mungkinan margin keuntungan yang anda terima (dalam kurun waktu tertentu ) lumayan besar. It’s ok, anda bisa menyisihkannya untuk menumpuk modal anda.

Kunci menciptakan pasar adalah mampu melihat perubahan kebutuhan, keinginan dan hasrat orang. Serta dengan kreatifitas dan inovasi mampu menjawabnya.

Salam sempurna !

Komentar
  1. MasRoy mengatakan:

    Matur nuwun sudah kasih komen di blog saya. Artikel di blog anda sangat menarik! Mampu mengubah pandangan kita tentang sisi-sisi negatif yang selalu menghantui pikiran dan mental kita.

    Tetap semangat!

  2. pinblues mengatakan:

    Tulisan pak budi top deh..its really…ringkas padat gak bertele2…suatu pencerahan buat kita harus merdeka secara ekonomi..thanks pak budi…

    Pemimpin di kolam kecil dari jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s