BISNIS BUKAN (sekedar) PENCITRAAN

Posted: Januari 19, 2009 in bisnis, customer relationship, modal, motivasi
Tag:

chinese_girls_chen_haoCoba perhatikan lingkungan di sekitar anda akhir-akhir ini. Perhatikan baik tembok, pohon, tiang listrik, tepi jalan dan area terbuka lainnya. Apa yang anda temukan ? Kalau saya tidak salah , gambar caleg alias calon legislatif. Orang yang mengajukan dirinya untuk dipilih. (lucu ya , pemimpin kok mengajukan diri).

Ya, menjelang pemilu banyak cara untuk meningkatkan citra. Bahkan sekarang , didukung oleh kecanggihan alat komunikasi, politik citra semakin menguat. Namun, ya begitu dehh. Namanya aja citra. Luarnya enak dilihat, dalamnya ntar dulu keleee.

Bisnis bukanlah citra. Ia harus bagus luar dalam. Coba bayangkan kasus produk-produk susu asal china yang mengandung melamine. Apa yang terjadi ? ribuan korbannya.

Apa yang anda rasakan¬†ketika membeli suatu produk atau jasa yang tidak menepati janjinya ? Tidak enak bukan. “Bu , nanti kalau barangnya salah boleh kok ditukar !” demikian kata seorang karyawan anda ketika melayani pelanggan. Lantas ibu itupun membeli. Keesokan harinya sang ibu mengembalikan barang yang telah dibeli karena tidak sesuai pesanan sang suami. Ibu itu berniat menukar barang tersebut. Namun begini jawaban dari seorang karyawan lain yang melayaninya, “maaf bu, barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar kembali !”. Maka terjadilah adu argumentasi. Bila sang ibu kalah, kemungkinan besar ia kecewa.

Benang merahnya, bila kita membangun sebuah bisnis dan memberikan janji kepada pelanggan atau siapa saja yang berhubungan dengan bisnis anda, tepatilah janji. Berikanlah bukti jangan hanya sekedar bukti.

Kekecewaan akan terjadi dan beritanya menyebar dengan cepat. Baiklah bila citra yang dibangun bukanlah sekedar jargon semata namun ada fakta nyata disitu.

Selamat membangun citra sesungguhnya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s