Bisnis Ala Richard Branson

Posted: Januari 11, 2009 in bisnis, customer relationship, modal
Tag:

richard1Mungkin anda telah mengenal orang ini. Ia adalah Richard Branson, Chairman sekaligus CEO Virgin Atlantic Airways.

Anda mungkin bertanya apa sih hebatnya orang ini ?

Branson terkenal dengan keahliannya membangun citra sebuah merek. Salah satu kehebatnnya adalah membangun dan mengkinclongkan merek Virgin hasil karyanya. Virgin saat ini telah tumbuh menjadi sebuah bisnis yang melebar kemana-mana. Mulai dari bisnis cola hingga bisnis jasa penerbangan.

Virgin Atlantic Airways merupakan salah satu bisnis dengan merek yang kuat saat ini. Saya tidak akan mengulas masalah merek Virgin. Namun saya akan bercerita sedikit bagaimana gaya bisnis Richard hingga mampu membuat merek virgin menjadi begitu terkenal dan identik dengan kualitas dan pelayanannya yang hebat.

Dalam bisnis , Branson memiliki 4 prinsip yang terus dijalankan secara konsisten dalam setiap bisnis yang dibangunnya.

Branson selalu membangun bisnis dengan menawarkan kualitas, menjadikan diri sendiri kompetitif, inovatif dan menjadikan bisnisnya mengasyikkan.

Menawarkan kualitas jelas. Pelanggan dewasa ini sangat cerewet mengenai kualitas. Bahkan harga pun bukan suatu variabel yang penting ketika tuntutan pada kualitas produk adalah sebuah tujuan.

Kompetitif, sebuah kata sakti atau password dalam ranah persaingan bisnis. Sebuah bisnis dalam kepungan lawan yang demikian agresifnya akan membuat kita selalu berjaga-jaga. Dan menjadikan diri sendiri terus menerus kompetitif akan menjaga bisnis kita dalam track yang benar.

Namun dalam pandanagn Branson, kita tidak perlu menunggu lawan mangaum dihadapan kita untuk memperlihatkan gigi taring yang tajam. Membuat diri kita selalu kompetititf merupakan sebuah kewajiban bahkan kebiasaan. Baik telah menjadi market leader maupun follower, Branson mengajak kita untuk terus menjadikan diri kita kompetitif.

Inovatif. Anda sering mendengar sebuah pameo : tanpa inovasi sebuah bisnis akan mati. Yup, saya sepakat dengan pameo itu. Bukan apa-apa, masalahnya apapun bisnis yang kita jalankan selalu berurusan dengan manusia. Karena berurusan dengan manusia , maka kebutuhan dan keinginannya selalu berubah. Perubahan-perubahan inilah yang harus kita antisipasi dengan sebuah inovasi.

Jangan membayangkan bahwa inovasi sebuah bisnis haruslah hebat dan dahsyat. Tidak! inovasi bisa saja sesuatu yang sederhana namun memberi nilai baru bagi bisnis anda, bagi pelanggan anda , bagi karyawan anda dan bagi siapa saja yang berhubungan dengan anda. Ia menjadi suatu penanda baru bahwa bisnis anda memiliki nilai yang semakin tinggi.

Yang terakhir ini adalah poin yang unik. Branson selalu menjalankan bisnisnya dengan mengasyikkan. Tentu saja juga dengan cara-cara mengasyikkan. Cara yang membuat orang banyak merasa bahwa Branson sedang menyapa pelanggannya dengan sesuatu yang unik. Ia sering menyambut sendiri para penumpang Virginia Airlines tepat di pintu pesawat. Menyalami satu persatu pelanggannya dengan sapaan hangat. Ia selalu menomorsatukan hubungannya dengan pelanggan dan pantang menuerah untuk membangun hubungan yang lebih baik.

Dibalik semua aksinya ini. Ia tidak pernah mengesampingkan hubungannya dengan para karyawan. Karyawannya pun merupakan prioritas utama bagi dirinya.

Kita tidak mungkin menutut senyuman yang tulus dari karyawan kepada setiap pelangga kita, bila kita tidak memberikan senyum tulus dan penghargaan kepada mereka. Kita tidak akan mampu memberikan motivasi apapun kepada para karyawan , bila kita tidak membangun hubungan yang penuh respek. Kita tidak bisa menuntut para karaywan terlalu banyak bila kita memberikan terlalu sedikit.

Ketika kita mampu menunjukkan bahwa menjalankan bisnis ini adalah sesuatu yang mengasyikkan. Para karyawan pun akan melakukannya demikian. So, tidak ada lagi keterpaksaan , yang ada suka cita dalam bekerja. Bila itu terjadi, bersiap-siaplah bisnis anda akan terbang ke angkasa.

Semoga bisa menjadikan inspirasi !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s