MODAL BISNIS KREATIF

Posted: Januari 5, 2009 in bisnis, modal, motivasi
Tag:

drumBeberapa waktu lalu saya sempat memperoleh e-mail dari seorang sahabat musisi. Ia ingin sekali memulai bisnis sebagai seorang produser setelah 10 tahun berkarier sebagai musisi. Namun ia menghadapai kendala modal untuk usahanya yang satu ini. Ia tidak memiliki aset untuk dijaminkan plus SIUP, NPWP dan persyaratan tetek bengek lainnya. Ia bertanya kepada saya apakah bisa Bank membantunya dalam hal memperoleh modal yang kisarannya sebesar 100-150 juta rupiah.

Sayangnya, negara ini tidak begitu memperhatikan perkembangan ide-ide apalagi bisnis kreatif. Kita tidak memiliki silicon valley yang terkenal di Amrik sana. Tempat dimana banyak investor siap menanamkan modalnya untuk usaha-usaha kreatif.

Lantas ? Haruskah kita menyerah ? Pasti tidak.

Biasanya usaha kreatif itu bisnis yang nyeleneh alias unik. Disitulah sebenarnya kekuatan dari bisnis kreatif. Bila kita mampu menanganinya dengan baik, ia bisa berkembang dan menjadi tambang uang.

Mungkin cara ini bisa dilakukan oleh pengusaha kreatif dalam mencari modal :

Buatlah proposal. Dalam proposal itu cantumkan :

1. tujuan dari proyek anda. bila anda ingin mengorbitkan Band baru, ya jelaskan mengapa Band itu anda anggap layak untuk dikomersilkan.

2. Gambarkan keadaan industri dimana usaha anda akan menghadapinya. Persaingannya, peluang-peluangnya. Anda gambarkan sedetail mungkin.

2. Buatlah rencana keuangan nya. Rencana investasi, cashflow, rencana laba rugi, Return on Investmentnya, berapa waktu yang dibutuhkan untuk baliknya modal.

3. Bagaimana sistem pengembalian investasinya. Apakah bagi hasil atau dihitung dengan menggunakan prosentase dari laba atau bagaimana.

4. Buatkan landasana hukum untuk kerjasama ini.

Setelah anda buat proposal , carilah investor. Mereka bisa terdiri atas :

1. Modal ventura.

Coba kunjungi modal ventura di kota anda. Presentasikan proposal anda. Biasanya selain melihat proposal , mereka juga akan melihat kemampuan anda sebagai seorang pengusaha.

2. Teman

Nah , investor bisa juga dari teman-teman anda. Bilamodal yang dibutuhkan besar, pecahkan dalam jumlah yang kecil-kecil, sehingga terjangkau oleh kantong teman anda. Misalnya , anda butuh 100 juta. Carilah 10 orang teman yang bersedia menanamkan investasinya dalam proyek anda sebesar 10 jutaan.

3. Keluarga

Keluarga juga bisa anda tarik untuk menjadi investor. Dan ini risikonya lebih kecil dan tuntutannya biasanya tidak terlalu besar. Jelaskan proposal anda, sapa tau mereka berminat.

TRUST IS EVERYTHING

Kesalahan awal seorang pengusaha biasanya adalah tidak menjaga kepercayaan. Ini masalah besar. Masalah kepercayaan adalah masalah besar. Anda tidak akan bisa berbuat apapun dalam bisnis bila tidak bisa mempertahankan kepercayaan.

Tumbuhkan kepercayaan pada setiap orang yang terlibat dalam bisnis anda. Rawat kepercayaan itu sekuat tenaga, dalam kondisi apapun. Dan suatu saat nanti, anda akan banyak melihat keajaiban mengenai kepercayaan dalam bisnis.

Selamat mencoba, goodluck ! Salam Sempurna !

Komentar
  1. DV mengatakan:

    iki sopo yo.. ketoke wes tau kenal :))
    *indah tangga nada mampu tutupi kepalsuan… beraduk adonan kata yang begitu manis…*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s