KOLABORASI !

Posted: Desember 21, 2008 in bisnis, customer relationship, motivasi
Tag:

sandalSaya menyempatkan diri mengunjungi blog marketing gurus Indonesia , Bapak Hermawan Kertjaya. Ada sesuatu yang manrik diulas disana mengenai kolaborasi dalam bisnis. Beliau menyatakan bahwa ini jamannya kolaborasi bukan jamannya proses dimana bisnis ditangani secara individual.

Kolaborasi artinya kerja bersama-sama  untuk mencapai satu tujuan. Tidak ada lagi kata-kata : “ini wilayah saya !” atau “Silakan minggir, ini wewenang saya. Anda jangan ikut campur !”. Kata-kata seperti itu sudah tidak berlaku di dunia bisnis yang penuh tuntutan seperti sekarang ini.

Lantas bagaimana kolaborasi ini bisa kita lakukan untuk memulai atau memajukan bisnis ?

Saya paham bahwa ketika kita memulai sebuah bisnis , kita dihadapkan dengan berbagai kendala. Ada seorang sahabat yang ingin sekali memiliki pabrik sandal. Ia mengatakan bahwa dirinya bercita-cita menjadi seorang pebisnis sandal yang tangguh. Desain sandalnya mampu menjadi ikon sandal di seluruh dunia. Orang tidak akan malu menggunakan sandal bila ada brand miliknya yang tertera di sebuah sandal. Visi yang luar biasa !

Ketika saya tanya apakah ia bisa mendesain itu ? Ia menggelengkan kepala. Apakah bisa buat sandal ? Ia juga menggelengkan kepala. Sejurus kemudia ia malah balik bertanya,” Gimana cara mulainya mas ? ”

Saya memberikan saran padanya :

1. carilah teman yang bisa mendesain sandal dan membuat sandal tersebut. Ajak mereka dalam sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Sebuah distro di Bandung membayar royalti kepada desainer kaos untuk  setiap lemabar baju yang terjual dengan desain khusus.

2. Buatlah brand dan patenkan.

3. Bermain-mainlah dengan produk yang inovatif dan kreatif , karena disitulah sebenarnya alasan mengapa orang ingin menggunakan produk anda. Semua orang butuh alas kaki, ( ini kebutuhan ) tapi alas kaki yang santai, lucu, gaul, harga terjangkau dll ( ini keinginan ) yang mereka cari. Nah dalam hal memenuhi keinginan ini inovasi dan kreatifitas muncul untuk menjawab itu semua.

4. Pasarkan produk anda sembari menjelaskan kepada calon pelanggan anda mengapa produk anda harus dibeli. Berkolaborasilah dengan jaringan pemasaran yang sudah ada seperti distro, toko sepatu dan lain sebagainya.

Kesimpulannya : Jangan pernah menyerah dengan keterbatasan yang ada. Kolaborasi itu bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keterbatasan tersebut. Selamat mencoba , Salam Sempurna !

Komentar
  1. zee mengatakan:

    hmm… postingan yg mencerahkan, bagus ni utk yg sedang ragu berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s