TIPS MEMBUAT KEMASAN PRODUK

Posted: Desember 10, 2008 in bisnis
Tag:

botolSeorang sahabat ( pak Uyung ) memberikan sebuah ide untuk menulis. Dalam blog nya yang mengupas tuntas masalah brand dan komunikasi pemasaran, tertulis bahwa sebuah produk yang belum memiliki merek yang cukup kuat biasanya akan dibandingkan dengan pemimpin merek dalam 2 hal yaitu : harga dan kemasan.

nah masalah kemasan  dan biaya ini saya punya tips. saya akan menggunakan contoh produk-produk yang menggunakan botol plastik sebagai kemasan.

Membuat kemasan botol platik pastilah membutuhkan mould. Mould adalah alat cetak yang terbuat dari bahan logam kuat tahan panas. Nah, biaya untuk membuat mould ini tidak lah murah. Harga pembuatannya sangat tergantung dari : bahan baku mould, ukuran dan tingkat kesulitan. Karena harganya yang cenderung mahal, maka tetu saja akan mempengaruhi struktur harga jual produk kita.

Ada beberapa tips untuk mengatasinya :

1. silahkan hubungi produsen botol plastik seperti PT. Berlina Tbk, PT Dynaplast Tbk dll.

2. Bila anda memiliki desain sendiri, negosiasikan harga terbaik yang bisa anda peroleh.

Bayar 20% biaya mould, dan sisanya sebesar 80% di amortisasi. Nilai amortisasi tersebut dimasukkan dalam harga pembelian anda.

contohnya : order 600.000 botol per tahun

nilai mould  : 80% X 40 juta = 32 juta

nilai amortisasi per botol = 32 juta : 600.000 = Rp 53,33 per botol

Bila harga botol ditawarkan 750 per buah , setelah ditambah amortisasi, harga perbotol  menjadi Rp 803,3 per botol.

3. carilah mould yang bersifat free mould, artinya sudah tidak dipakai oleh perusahaan lain atau milik produsen. belilah mould tersebut. Biasanya harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan membuat mould yang baru.

4. Jika anda membeli mould bekas, biasnya mould tersebut masih bisa dilakukan rekayasa untuk memperoleh bentuk botol yang berbeda dari cetakan yang lama.

nah, kalau kita pakai cara di atas ada beberapa keuntungan :

1. cash outflow bisa kita hemat

2. Kita bisa memperoleh kredit dari pembuat mould.

ciamik khan !

( blog nya Pak Uyung bisa dilihat di Blogroll saya )

Komentar
  1. aakuntoa berkata:

    jos! keluarin ilmunya Pak Budi, sampeyan kan pernah malang-melintang di bisnis kemasan lama to? Di Berlina. So, sampeyan orang yang tepat untuk bicara kemasan

  2. tipsbisnisuang berkata:

    trimakasih buat kunjungannya pak kunto. Mudah-mudahan saya bisa mengumpulkan energi untuk bicara kemasan.
    Tetap semangat !

  3. Nanang Setiyawan berkata:

    wah abgus sekali

  4. Guest Jo berkata:

    untuk kemasan seperti teh ginseng atau sachetan gimana cara bikinnya ya ?

    • tipsbisnisuang berkata:

      untuk kemasan teh anda bisa menghubungi pabrik-pabrik plastik yang memiliki mesin untuk membuat plastik lembaran (shrink). Coba anda hubungi PT lamipak Primula Indonesia. Kebetulan saya tidak tahu nomor kontaknya. Anda dapat browsing atau lihat saja yellow pages. Terimakasih sudah mampir.

  5. Krismar wulanda berkata:

    Saya sangat butuh bimbingan bapak dalam memulai bisnis minuman. Mungkin ada saran untuk produk minuman saya. Sukses buat bapak serta keluarga

    • tipsbisnisuang berkata:

      Terimakasih saudara krismar.
      untuk kemasan produk minuman anda bisa menentukan sesuai market yang anda sasar dan bagaimana positioning dalambenak konsumen.
      Anda bisa kemas minuman ringan dalam botol beling atau botol plastik. Bila botol plastik , pastikan bahwa kemasan bahan plastik adalah food grade alias buat makanan.
      untuk menekan biaya, coba hubungi pabrik2 plastik pembuat kemasan makanan, biasanya mereka memiliki mould atau cetakan sudah jadi. namun bila anda menginginkan bentuk yang khusus, anda harus membuat cetakan mould tersendiri.
      demikian sedikit masukan. jangan ragu menghubungi saya lagi.terimakasih.

  6. Pulung berkata:

    halo pak, salam kenal

    sy ingin memulai usaha, dan membutuhkan kemasan platik dengan desain spesifik.
    Bisa tolong dibantu siapa yang dapat membuat kemasan itu dengan harga murah? Mengingat sy baru mulai dan produksi masih terbatas.
    Terima kasih

    • tipsbisnisuang berkata:

      salam kenal bung pulung.
      Bila anda berada di kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya, atau kota-kota lainnya. silakan cari pabrik kemasan botol plastik. Biasanya mereka punya kemasan plastik yang dijual bebas. Artinya desain kemasan bukan milik produk tertentu. Jika ingin kemasan eksklusif, anda harus mempersiapkan sedikit biaya investasi. Coba lihat di yelllow pages ttg perusahaan kemasan plastik. Kalo anda di jakarta silakan hubungi PT.Berlina Tbk, atau PT.Dynaplast.

      salam sempurna !

  7. maman berkata:

    Salam sejahtera

    saya sudah lama nyari produsen kemasan cocok buat makanan panas dan berlemak. Yang saya tahu berkode PP5. Saya dapat contohnya seperti kemasan Super Bubur yang berbentuk mangkuk. Mohon pencerahannya Pak? Terima kasih

  8. agus berkata:

    salam kenal pak
    saya nyari2 produsen botol plastik buat ngemas madu saya,minta tlg bantuannya pak
    terimakasih pak

  9. dede supriatna berkata:

    salam kenal,
    saya baru membuka usaha kecil-kecilan yaitu dodol jambu merah, dan sekarang saya lagi nyari bungkus atau kemasan yang bagus dan cocok, saya minya tolong sarannya pak, terimakasih.

  10. nazar berkata:

    untuk daerah Sumatera Utara ada gak gan, produsen untuk botol plastiknya?
    mksi sblumnya gan

  11. Sam Er berkata:

    Halo..pak,
    Salam kenal, saya dari papua. saya tertarik untuk memulai usaha minyak kelapa, gimana cara mendapat kemasan yg terbaik. pertama sy mau gunakan kemasan dalam bentuk botol plastik. mohon saran..

  12. zahra berkata:

    sy pgn beli kemasan seperti sunlight tp budgetnya cuma 1 hingga 2 juta. bisa ga ya gan? thx b4

  13. zahra berkata:

    sy ingin memulai usaha produksi sabun cair, tapi modalnya kecil. he2. ada yg bisa kasih masukan soal kemasan ga? biar budget kecil, kemasan ttp lumayan. tlg ya.. thx a lot b4

  14. wahyuni berkata:

    salam kenal pak… gimana sy bisa dapatkan contoh bahan kemasannya beserta mesinnya? saya berencana membuka home industri tp terkendala cara kemasan yang berkualitas..mohon informasinya makasi banyak…

Tinggalkan komentar