MODAL BUKAN SEGALANYA

Posted: November 18, 2008 in modal
Tag:

images43Sebenarnya, saya ingin melanjutkan menulis mengenai pengelolaan cash flow. Namun sebuah artikel di Koran Kompas mengubah rencana saya tersebut.

Kompas melaporkan dari sebuah acara gathering perusahaan Citigroup. Salah satu petinggi manajemen Ditta Amahorseya mengungkapkan usaha mikro kecil tidak hanya membutuhkan permodalan, tetapi ketrampilan mengelola keuangannya. kasus-kasus gagal bayar kerap terjadi karena ketidakmampuan mengelola keuangan.

Saya setuju berat dengan pendapat di petinggi citigroup itu. Bahkan saya berpendapat, sebelum seseorang mendeklarasikan dirinya sebagai seorang pengusaha , ia harus memiliki skill mengelola keuangan dengan baik dan benar. Dimulai dari mengelola keuangan pribadi. Sebab tanpa keahlian tersebut, usaha pemasaran, branding dan lain sebagainya, akan tidak berarti bila mengalami masalah financial.

Lihatlah saja perusahaan Bakrie Brother’s. Ketika tulisan ini dibuat, Koran Jawa Pos menulis besar-besar Headlinenya bahwa Bakrie tidak mampu membayar utang-utangnya yang jatuh tempo. Bayangkan, perusahaan sekelas Bakrie saja bisa mengalami kesulitan keuangan.

Jadi, sekarang saya punya alasan kuat untuk tersu menulis di blog ini mengenai pengelolaan dan bisnis. Biarpun sederhana dan terkadang tidak dilihat sama sekali, saya berharap apa yang ditulis bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja. Semogaaa.

Komentar
  1. Beat2ws mengatakan:

    Mampir nih. Boleh juga tukeran link. Pasang link blog ku ya. http://www.bibitku.co.cc
    Ditunggu ya

  2. fenny mengatakan:

    salam kenal, kunjungan balik nih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s