ANDA HARUS BEDA !

Posted: November 7, 2008 in motivasi
Tag:

images5

Seorang teman menelepon saya setelah membaca artikel-artikel saya di blog ini. Dia berkata, “Kamu enak bud, besar di jalan sebagai seorang pemasar. Lha saya ? seharian dibelakang meja, bagaimana bisa jadi pengusaha ?”.

Saya hanya tersenyum mendengarkan keluh kesahnya. Tapi pikiran saya mengatakan, apa iya pengusaha harus selalu lahir dari profesi seorang pemasar? Bill gates , bukan seorang pemasar. Dia hanya senang mengutak- utik software komputer. Pak Goena tetangga saya (kalau ada kesempatan , saya akan menulis tentang orang ini!) , dulu ia buruh jahit di konveksi milik kakek saya. Sekarang ia memiliki 2 pabrik besar yang mempekerjakan 600 karyawan untuk membuat pakaian, ransel, sarung pistol dan perlengkapan pakaian militer. dan masih ada banyak lagi orang yang sukses bukan dengan latar belakang pemasar.

Mudah-mudahan teman saya membaca tulisan saya kali ini.

Anda yang bekerja di bidang pemasaran pastilah paham mengapa produk yang anda pasarkan harus memiliki perbedaan dengan produk pesaing anda. Banyak ahli pemasaran mengatakan apabila produk anda tidak memiliki sesuatu yang berbeda dengan pesaing anda maka produk anda akan menjadi biasa-biasa saja dan akhirnya akan dilupakan pelanggan.

Anda pun harus menjadi seorang individu yang berbeda di kantor. Ketika rekan anda melihat anda, ia melihat sebuah karakter yang berbeda. Ketika mereka mendengar bahwa anda dipercaya untuk memimpin sebuah rapat atau proyek baru misalnya, mereka akan melihat anda dan kemudian berpikir,” Kalau orang ini yang pegang, pasti ada yang berbeda!”. Sekali lagi anda harus memiliki perbedaan.

Garry Hamel, seorang ahli managemen strategis dan pendiri Strategos, sebuah perusahaan yang membantu para kliennya mengembangkan strategi-strategi revolusioner mengatakan bahwa ketika anda berbeda maka anda akan memandang luas cakrawala. Dengan cara pandang yang luas anda mampu menemukan sebuah INOVASI ! Sekali lagi INOVASI! Dan ini adalah alasan kuat mengapa anda harus menjadi beda.

Apa yang menjadi modal utama bagi sebuah perusahaan ? Inovasi bukan ? Ketika anda mampu menemukan sebuah inovasi, maka persaingan is nothing. Ketika anda menemukan sebuah inovasi di pekerjaan anda saat ini, apapun itu, maka itu adalah sebuah modal besar anda. Apappun inovasi itu, tidak masalah seberapapun kecilnya.

Sama seperti perusahaan, andapun bisa berinovasi. Mungkin saja saat ini anda adalah seorang programmer komputer. Karena anda berbeda dari rekan kerja anda, anda memiliki sebuah ide brilian tentang sebuah program software komputer. Ketika gagasan anda itu, anda sampaikan kepada bos anda, mungkin saja ia menolaknya. Bahkan dengan berbagai alasan yang mungkin tak masuk akal. Apakah ini akhir dari segalanya? Akhir dari karier anda? Saya katakan Tidak ! ide anda itu sempurnakan terus, dan siapa tahu ide yang dianggap biasa-biasa itu menjadikan anda seorang pengusaha kelas kakap. Trillioner enteurprener bahasa gagahnya.

Nah itu rahasianya, anda harus beda. Bukan karyawan biasa-biasa saja , tapi karyawan yang berbeda. Karyawan yang memiliki nilai tersendiri. Dengan menjadi beda anda pasti bisa melihat yang berbeda. Bukankah dengan memiliki cara melihat yang berbeda akan menjadikan anda menjadi lebih terampil melihat sesuatu. Dan berkahnya adalah anda mampu melihat sebuah peluang.

Seorang teman pernah bekerja sebagai seorang wartawan disebuah tabloid ibu kota. Yang saya tahu , sahabat saya ini selalu bekerja dengan cara pandangnya yang terkesan nyeleneh namun mengesankan. Prestasi kerjanya tidak diragukan lagi, ia adalah salah satu wartawan terbaik di tabloid itu.

Karena gagasan segarnya , ia dipercaya oleh seorang pengusaha penerbitan untuk menjalankan usaha penerbitan buku di kota Jogjakarta. Dalam waktu setahun, dibawah komandonya sudah lahir 5 divisi di perusahaan tersebut. Terobosan-terobosannya mampu membuat deg-deg an perusahaan-perusahaan sejenis yang notabene sudah sangat mapan. Saya yakin satu langkah lagi ia mampu memiliki usaha penerbitannya sendiri.

Saya ingin menekankan satu poin saja dalam bab ini. Agar anda mampu menjadi beda dan akhirnya memiliki cara pandang yang berbeda, anda harus mulai belajar membuka imajinasi-imajinasi anda sendiri. Seperti yang saya singgung bab sebelumnya, impian atau imajinasi anda akan terwujud. Maka mulailah bermimpi dan menjadi beda !

Komentar
  1. herri indrayana mengatakan:

    Bagus banget makalah ini, semoga membantu orang yang punya utang, dan memberikan motifasi orang yang mau usaha

  2. tipsbisnisuang mengatakan:

    terimakasih mas herri, semoga banyak orang yang mau belajar menjadi pengusaha.

Tinggalkan Balasan

