TETAPLAH BERHUBUNGAN

Posted: November 6, 2008 in customer relationship
Tag:

images1

Bila anda ingin bisnis anda memiliki pelanggan seumur hidup syaratnya cuma satu yaitu teruslah berhubungan dengan mereka.

Banyak alasan mengapa Anda harus terus berhubungan dengan pelanggan. Siapa yang bisa mengkritik anda dengan bebas ? sahabat bukan ? Bila pelanggan adalah sahabat setia pendukung bisnis Anda, kritik dan sarannya bisa membuat bisnis Anda semakin maju. Bila Anda memiliki pelanggan yang setia pada bisnis Anda, ia rela menjadi freelance marketing sejati Anda. Referensinya kepada teman, kenalan, sahabat, pasangan dan keluarganya mampu menjadi magnet untuk menarik relasi mereka merasakan produk anda. So, menjaga dan merawat hubungan anda dan pelanggan berarti membangun bisnis yang bertahan lebih lama.

Anda pasti paham bahwa mencari pelanggan baru biayanya jauh lebih mahal daripada merawat satu pelanggan lama. Nah bagaimana cara anda merawatnya ? tentu saja dengan terus berhubungan. Dengan terus berhubungan, berarti anda menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk terus berhubugan dengan pelanggan anda.

  1. Gunakan SMS untuk memberikan mereka informasi. Informasi yang Anda berikan tidak harus selalu mengenai produk , tetapi bisa juga semacam tips-tips ringan yang bermanfaat bagi pelanggan.
  2. Berikan kartu ucapan terimakasih elektronik kepada pelanggan melalui e-mail. Sapa mereka sebagai seorang sahabat.
  3. Dihari ulang tahunnya, jadilah orang nomor satu yang mengirimkan ucapan selamat. Berikan diskon khusus bagi mereka di hari yang special ini.
  4. Jangan segan datang di hari special mereka yang lain seperti hari pernikahan ( tentu bila anda diundang)
  5. Datangi acara-acara kumpul bareng komunitas-komunitas. Bagikan kartu nama Anda. Tetapi jangan terlalu mencolok mempromosikan bisnis Anda. Ikuti saja pembicaraan mereka, dan jelaskan apabila ada orang yang bertanya mengenai bisnis salon Anda.
  6. Anda harus menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Tetangga dan pengurus lingkungan bisa juga menjadi promotor bagi BISNIS Anda.

bagaimana ? Apakah anda memiliki ide lain ?

Komentar
  1. alifahru mengatakan:

    mati hidupnya bisnis kita memang 100% tergantung pada loyalitas pelanggan. Pelayanan terbaik yang melebihi harapan pelanggan akan memberikan image bahwa kita adalah relasi bisnis terbaik yang harus dijaga oleh mereka. salam kenal

  2. tipsbisnisuang mengatakan:

    terimakasih mas alif buat comment nya. Salam kenal juga dari saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s