MENGGAJI DIRI SENDIRI !

Posted: November 3, 2008 in Uncategorized
Tag:

images3

Salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kemampuan dalam mengelola keuangan. Baik itu keuangan pribadi maupun keuangan perusahaan. Meskipun mampu mencetak penjualan bahkan laba yang tinggi, bila tidak mampu mengelola keuangan ya percuma saja.

Saya sering menerima keluh kesah dari teman-teman pengusaha mengenai kondisi keuangan mereka. Ketika penjualan menurun aliran cashflow ( mengenai sumber dana dan penggunaannya) terganggu. Akibatnya mereka terlambat membayar tagihan supplier, menunda gaji karyawan, bahkan sampai yang ekstrim : berhenti beroperasi . Apa yang sebenarnya terjadi ? Apakah kita bisa mencegah terjadinya pendarahan pada cashflow?

Pendarahan cashflow bisa kita cegah seandainya kita memiliki cadangan dana ketika inflow ( arus uang masuk) terganggu. Nah sayangnya, banyak dari kita lupa menyisihkan cadangan dana itu.

Kalau kita tidak memiliki kebijakan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan perusahaan, menurut saya bersiaplah menghadapi krisis keuangan. Ketika usaha kita mampu menghasilkan laba plus surplus casflow, kemudian surplus itu kita ambil untuk memenuhi keinginan pribadi : beli mobil lagi, beli rumah lagi, jalan-jalan, beli perabotan rumah dan lain sebagainya, sebagian dari uang yang seharusnya dapat digunakan untuk memupuk modal telah lenyap. Meskipun mungkin pembelian tersebut menambah aset, tapi tetap saja aset tersebut memakan waktu untuk dijual. Kemudian, bila aset dijual secara mendadak apa yang terjadi? Jual murah ! Disini kita kehilangan uang lagi khan.

Jadi bila anda punya usaha atau membangun usaha jangan lupa :

1. Pisahkan keuangan perusahaan dan keuangan keluarga.

2. Gaji diri anda sendiri

3. Tentukan seberapa besar perusahaan mampu menggaji anda.

4. Hiduplah dari gaji anda tersebut dan biarkan perusahaan anda tumbuh dan berkembang dengan memupuk modalnya sendiri.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s