MENEMUKAN SPIRIT

Posted: November 2, 2008 in Uncategorized
Tag:,

Jadi pengusaha kelihatannya sebuah pilihan yang bagus untuk hidup sejahtera. Ya, alasan yang saya kira masuk akal bila melihat banyak pengusaha di sekitar kita hidup kaya raya. Mereka punya usaha yang maju, punya rumah yang besar, mobil dengan merek terkenal berjejer-jejer menghiasi garasi. Ditambah lagi dengan pendidikan anak-anak mereka, lulusan luar negeri. Keliatannya, apapun yang mereka inginkan bisa mereka beli.

Tapi tunggu sebentar. Jangan terburu-buru memberikan kata sepakat bahwa jadi pengusaha itu enak. Mari lihat lebih dekat lagi. Diseberang sana ada juga pengusaha yang bangkrut. Pabrik mereka terpaksa di tutup. Harta yang mereka miliki di lego oleh bank untuk menutupi hutang yang macet. Belum lagi, nah ini yang bikin puyeng banyak pengusaha, para karyawan berdemo menuntut haknya.

Seorang pengusaha ikan beku untuk orientasi ekspor pernah menceritakan pengalamannya pada saya. Ia mengatakan bahwa menjadi pengusaha itu harus seperti belut. Licin melewati berbagai tantangan. Pengusaha seperti dirinya harus menghadapi banyak tantangan dalam bisnis. Mulai dari urusan nilai tukar mata uang, kelangkaan bahan baku hingga urusan biaya-biaya siluman dari aparat negara. Itu semua sudah menjadi “menu sarapan pagi” baginya. Ia lalu menandaskan bahwa akhirnya , pengalaman-pengalaman itulah yang menempa dirinya menjadi pengusaha yang terbilang sukses saat ini.

Jujur saja, menjadi pengusaha tidaklah gampang. Meskipun terlahir di lingkungan pengusaha, bila tidak memiliki SPIRIT enterpreneurship ya sami mawon. Tapi ada juga orang yang tidak memiliki latar belakang keluarga pengusaha, namun betul-betul mau belajar. Ikut pengusaha keturunan cina sebagai pelayan toko, akhirnya berani membuka usaha distributor gandum sendiri. Awalnya sebagai buruh jahit di sebuah konveksi, akhir cerita memiliki pabrik pembuatan tas, baju dan perlengkapan seragam militer.

Intinya, semua orang memiliki peluang yang sama menjadi pengusaha yang hebat. Sepengetahuan saya, semua pengusaha-pengusaha hebat di negeri ini “membiarkan dirinya” dididik dari sebuah pengorbanan besar. Bersimbah peluh bahkan mungkin darah. Ditolak sana sini, seperti tak memiliki nilai. Tetapi ya itu tadi, mereka punya SPIRIT !! dan selalu menjaga spirit itu. Kemampuan membangun dan menjaga spirit ini yang jarang dimiliki setiap orang.

Nah buat anda yang mau belajar jadi pengusaha, saran saya temukan dan bangun SPIRIT itu. Cari mentor yang tepat. Belajar terus tanpa henti. Niscaya , disana akan ada jalan kesuksesan untuk anda. Selamat belajar !!

Komentar
  1. onezero3 mengatakan:

    prinsipnya bermain taktis dg cara tidak ada niat utk menipu, aq sendiri “kejebur” diprinsip tsb. dg konsekkuensi “lama blm laku”. tapi hal itu gak soal biar pasar menilai scr obyektif sambil mempertajam skillnya.

  2. tipsbisnisuang mengatakan:

    Sebelum menemukan spirit, terkadang kita selalu takut akan kata gagal. Tapi, spirit itupun bisa muncul dari kegagalan-kegagalan kita. Yang penting, jangan menyerah kawan untuk terus membangun dan menjaga spirit itu.
    selamat belajar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s